7 Tips Aman Hadapi Promo Tahun Baru

7 Tips Aman Hadapi Promo Tahun Baru

Tips Aman Hadapi Promo Tahun Baru

Momen pergantian tahun, tak hanya dirayakan dengan pesta kembang api dan meniup terompet, serta menikmati panggung hiburan saja. Jelang tahun baru, pusat-pusat perbelanjaan turut menggelar pesta diskon dan promo besar-besaran. Tidak mustahil, bonus akhir tahun, kandas di meja kasir, bahkan kartu kredit ikut kebobolan. Agar Anda tidak kalap berbelanja, simak tips aman hadapi promo tahun baru, berikut ini;

Gunakan Uang Tunai

Berbelanja menggunakan uang tunai, mampu mengontrol keinginan mengambil banyak barang. Bawalah uang dalam jumlah terbatas untuk membeli barang yang Anda perlukan saja. Hindari membawa kartu kredit dan debit, agar tidak tergoda membeli banyak barang.

Fokus pada barang yang akan dibeli

Prioritaskan pembelian kepada barang-barang dalam daftar belanja Anda. Abaikan barang-barang yang tidak diperlukan, sekalipun harganya murah. Hindari berjalan-jalan di kawasan berisi barang yang tidak ada dalam daftar. Bisa jadi, berawal dari sekadar melihat-lihat, Anda justru memborong di luar perencanaan.

Ajak Teman atau Keluarga

Mengajak keluarga, misalnya orang tua atau pasangan, dapat mengontrol Anda agar tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan. Mereka bisa memberi pendapat, dan mengingatkan tentang bahaya hidup boros kepada Anda. Jika mengajak teman, carilah yang bijak dalam berbelanja, bukan sebaliknya. Teman yang gemar berbelanja, justru akan memprovokasi Anda untuk banyak membeli.

Bandingkan harga

Bandingkan harga barang yang sama di beberapa tempat berbeda. Ini untuk memastikan bahwa barang yang dijual benar-benar telah diskon. Trik menaikkan harga sebelum memberi label diskon, telah umum dilakukan oleh beberapa toko.

Jangan tergesa-gesa

Luangkan cukup waktu untuk berbelanja, seperti akhir pekan atau hari libur. Berbelanja dalam kondisi tergesa-gesa membuat Anda tidak dapat memilih barang dengan teliti. Ada beberapa toko yang menurunkan harga pada produk yang memiliki kecacatan. Misalnya jahitan pada baju yang  sedikit melenceng, aksesori yang hilang, atau terkena noda.

Jangan tergoda

Selain angka diskon yang cukup besar hingga 80 persen, provokasi pelayan toko yang membujuk dengan suara lembut dan penampilan menarik, juga perlu Anda waspadai. Jangan sampai Anda membeli barang yang tidak diperlukan, hanya karena tergoda.

Ubah cara berpikir

Sebagian orang berpikir, selagi ada diskon belilah barang sebanyak-banyaknya, takut jika membelinya di lain waktu akan menjadi mahal. Padahal cara berpikir ini keliru. Belilah barnag sesuai keperluan Anda, agar tidak mubazir.

Tips aman hadapi promo tahun baru di atas, tak hanya berlaku ketika Anda menghadapi diskon akhir tahun saja. Usahakan untuk tetap cermat dan hemat, kapan pun Anda berbelanja.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *