4 Tips Memilih Cairan Pembersih Mulut

4 Tips Memilih Cairan Pembersih Mulut

4 Tips Memilih Cairan Pembersih Mulut

Agar terhindar dari gangguan kesehatan dan keluhan dari gigi dan rongga mulut, Anda harus rajin membersihkannya. Menggosok gigi saja tidak cukup untuk membersihkan sekaligus memberikan perlindungan bagi gigi dan mulut Anda. Cairan pembersih mulut adalah solusi lain untuk menjaga kesehatan keseluruhan rongga mulut. Namun, menggunakan sembarang cairan pembersih mulut, justru dapat membahayakan kesehatan Anda dalam jangka pemakaian yang panjang. Inilah tips memilih cairan pembersih mulut, yang tepat untuk Anda;

  1. Perhatikan kandungan astringents

Tips memilih cairan pembersih mulut, dapat dilakukan dengan memperhatikan komposisi bahan di dalamnya. Astringents merupakan bahan yang dapat memberi rasa nyaman dan segar di rongga mulut. Di dalam bahan ini terdapat zinc chloride dan citric acid yang menyegarkan.

  1. Mengandung fluoride

Fluoride mampu mencegah kerusakan pada gigi, seperti gigi berlubang dan retak. Bahan ini mampu mencegah pengikisan gigi, dengan meningkatkan lapisan enamel pada gigi. Bahan ini juga digunakan dalam produk perawatan gigi, yaitu pasta gigi.

  1. Kandungan alkohol yang sedikit

Cairan pembersih mulut di pasaran, ada yang mengandung alkohol dalam kadar sedikit. Kandungan alkohol dalam obat kumur, dapat menyebabkan rasa panas di dalam rongga mulut ketika digunakan. Tetapi, Anda tidak dapat memilih obat kumur yang bebas alkohol. Sebabnya, alkohol tetap diperlukan dalam komposisi cairan tersebut, sebagai bahan pembersih.

  1. Kandungan bahan Antiplaque

Tips terakhir dalam memilih cairan pembersih mulut yaitu, periksa kandungan antiplaque sangat berguna, untuk membantu membersihkan plak dari permukaan gigi. Plak yang terbentuk pada sela-sela gigi dan gusi juga dapat dihilangkan dengan cairan pembersih mulut yang mengandung antiplaque.

Dengan mengenali komposisi cairan pembersih mulut, Anda dapat memilih produk tersebut di pasaran, yang memiliki komposisi tepat. Komposisi bahan yang tidak sesuai dengan kegunaanya, bisa membahayakan kesehatan Anda. Selain tips memilih cairan pembersih mulut di atas, Anda juga perlu memperhatikan tanggal kadaluarsa produk. Untuk rasa, Anda dapat memilih sesuai dengan selera. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.